promotion mix


PROMOTIONAL MIX

Top of Form

Report this ad

promotion-mix.jpg

Promotional Mix adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan. Dari definisi dapat disimpulkan bahwa variabel Promotional Mix ada empat yaitu ;



1. Periklanan

Periklanan merupakan bentuk komunikasi non individu dengan sejumlah biaya dengan media tertentu yang dilaksanakan oleh perusahaan, organisasi non laba ataupun para individu. Adapun tujuan utama periklanan adalah meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan. Sedangkan manfaat periklanan adalah :

a. Memungkinkan penjual untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.

b. Memungkinkan penjual untuk menyebarkan informasi tentang produk dan perusahaan.

c. Memungkinkan penjual untuk mendramatisir perusahaan dan produknya melalui

penguunaan cetakan, suara dan warna yang menarik perhatian.

 2. Personal Selling

Personal Selling merupakan usaha untuk memperkenalkan suatu produk melalui komunikasi langsung (tatap muka) agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Sebagai salah satu variabel dari promosi personal selling memungkinkan penjual untuk :

a. Mengadakan hubungan langsung dengan calon pembeli sehingga penjual lebih dapat mengamati karakteristik beserta kebutuhan pembeli.

b. Memperoleh tanggapan dari calon pembeli.

c. Membina berbagai macam hubungan dengan pembeli baik dalam hubungan bisnis maupun persahabatan yang erat. Jadi, dalam personal selling terjadi interaksi langsung, saling bertemu muka antara pembeli dengan penjual, sehingga dapat diketahui secara langsuing

keinginan, perilaku dan motif pembelian dari konsumen, sekaligus dapat melihat reaksi konsumen. Dengan demikian perubahan dapat lebih segera mengadakan penyesuaian penyesuaian.



3. Publisitas

Menurut Basu Swastha (2000:273), publisitas adalah sejumlah informasi tentang seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya, ataupun tanpa pengawasan dari sponsor. Bila dibandingkan dengan alat promosi yang lain, publisitas memiliki beberapa kebaikan antara lain :

a. Lebih dapat dipercaya, sebab berupa suatu berita bukan iklan

b. Dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan

c. Jauh lebih murah, karena tanpa biaya

d. Dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar atau pada posisi lain yang menyolok

.

4. Promosi penjualan

Promosi penjualan merupakan kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong efektifitas pembelian konsumen dan pedagang dengan menggunakan alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan sebagainya.

Berikut adalah metode-metode promosi penjualan :

a. Pemberian contoh barang secara cuma-cuma, ini merupakan salah satu alat promosi penjualan yang dianggap paling mahal tapi juga paling efektif.

b. Kupon berhadiah, cara ini sangat efektif karena membuat orang mudah tertarik.

c. Rabat, merupakan pengurangan harga yang diberikan kepada pembeli

d. Potongan harga

e. Peragaan, memamerkan barang-barang pada waktu tertentu, tempat dan

situasi tertentu




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Promosi Penjualan (pengertian,tujuan,jenis,alat,peran)

PROMOSI PENJUALAN promosi penjualan adalah kegiatan komunikasi antara perusahaan dan konsumen sebagai usaha untuk mempengaruhi ko...