PROMOTIONAL MIX
Report this ad
Promotional
Mix adalah kombinasi strategi yang paling baik dari
variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang
lain, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program
penjualan. Dari definisi dapat disimpulkan bahwa variabel Promotional
Mix ada empat yaitu ;
1. Periklanan
Periklanan
merupakan bentuk komunikasi non individu dengan sejumlah biaya dengan media
tertentu yang dilaksanakan oleh perusahaan, organisasi non laba ataupun para
individu. Adapun tujuan utama periklanan adalah meningkatkan permintaan atas
produk yang ditawarkan. Sedangkan manfaat periklanan adalah :
a.
Memungkinkan penjual untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.
b.
Memungkinkan penjual untuk menyebarkan informasi tentang produk dan perusahaan.
c.
Memungkinkan penjual untuk mendramatisir perusahaan dan produknya melalui
penguunaan
cetakan, suara dan warna yang menarik perhatian.
2.
Personal Selling
Personal
Selling merupakan usaha untuk memperkenalkan suatu produk
melalui komunikasi langsung (tatap muka) agar konsumen tertarik untuk membeli
produk yang ditawarkan. Sebagai salah satu variabel dari promosi personal
selling memungkinkan penjual untuk :
a.
Mengadakan hubungan langsung dengan calon pembeli sehingga penjual lebih dapat
mengamati karakteristik beserta kebutuhan pembeli.
b.
Memperoleh tanggapan dari calon pembeli.
c.
Membina berbagai macam hubungan dengan pembeli baik dalam hubungan bisnis
maupun persahabatan yang erat. Jadi, dalam personal selling terjadi
interaksi langsung, saling bertemu muka antara pembeli dengan penjual, sehingga
dapat diketahui secara langsuing
keinginan,
perilaku dan motif pembelian dari konsumen, sekaligus dapat melihat reaksi
konsumen. Dengan demikian perubahan dapat lebih segera mengadakan penyesuaian
penyesuaian.
3. Publisitas
Menurut
Basu Swastha (2000:273), publisitas adalah sejumlah informasi tentang
seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui
media tanpa dipungut biaya, ataupun tanpa pengawasan dari sponsor. Bila
dibandingkan dengan alat promosi yang lain, publisitas memiliki beberapa
kebaikan antara lain :
a.
Lebih dapat dipercaya, sebab berupa suatu berita bukan iklan
b.
Dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan
c.
Jauh lebih murah, karena tanpa biaya
d.
Dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar atau pada posisi
lain yang menyolok
.
4. Promosi penjualan
Promosi
penjualan merupakan kegiatan pemasaran selain personal selling,
periklanan dan publisitas yang mendorong efektifitas pembelian konsumen
dan pedagang dengan menggunakan alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi
dan sebagainya.
Berikut
adalah metode-metode promosi penjualan :
a.
Pemberian contoh barang secara cuma-cuma, ini merupakan salah satu alat promosi
penjualan yang dianggap paling mahal tapi juga paling efektif.
b.
Kupon berhadiah, cara ini sangat efektif karena membuat orang mudah tertarik.
c.
Rabat, merupakan pengurangan harga yang diberikan kepada pembeli
d.
Potongan harga
e.
Peragaan, memamerkan barang-barang pada waktu tertentu, tempat dan
situasi
tertentu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar